Indonesia bisa sih bersalju, tapi. . .


Beberapa waktu lalu gue cukup tercengang dengan pesan yang dikirimkan oleh salah seorang teman Malaysia saya pada grup working camp saya tahun lalu, seperti ini pesannya:
“Hi all, is it true that Indonesia is snowing? Because my friends whatsapp me telling Indonesia is but I don’t have any news bout it.. The reason I asked because currently I’m in Labuan, and it is raining and chilly for past these weeks.. Wanna know whether it will finally snow in Malaysia too :) hehhehe ”

Yah, honestly, kita sebagai orang-orang yang tinggal di negara tropis, pasti pengen banget rasanya , at least one in a life time, ngeliat dan megang serpihan-serpihan putih dingin bernama salju. Pasti orang udik kayak gue gini hawa-hawanya pengen nyetokin sirup yang banyak kalo liat salju. Yeah, unlimited es puter gratis ._.

 Cihuyyy

 Tapi, ngerasa nggak sih cuaca di sekitar kita sekarang ekstrim. Kota tempat gue sekarang berdomisili, Bandung, suhu udara rata-rata sekarang 17-20 ^o celcius. Kalau pagi dingiiiin banget sampai rasanya pengen bawa-bawa bedcover ke klinik.

Temen gue cerita, temennya temen gue yang anak Indramayu rumahnya kebanjiran seatap genteng padahal sebelumnya daerah itu belum pernah kebanjiran sama sekali. Temen-temen gue yang di Semarang juga sering update foto-foto Semarang sebelah mana aja yang banjir. Jalur pantura lumpuh. Perjalanan Jakarta-Semarang atau Bandung-Semarang sampai 2 hari 1 malem. Manado banjir bandang. Dan orang-orang di Jakarta ngeluh sama “Banjir Jokowi” kata sebagian mereka, nggak becus ngurus Jakarta mau jadi presiden, celanya. Padahal kalau waduk-waduk dan kali-kali di Jakarta nggak dibersihin kayak kemarin, dengan intensitas hujan kayak gini hampir semua daerah banjir, Jakarta sekarang udah jadi kolam raksasa kali ya. Yang buang sampah siapa, yang tinggal di bantaran kali siapa, yang bikin saluran pembuangan nggak bener siapa, pas udah banjir gubernurnya kena deh.

Dari daily sites gue yang gue buka tiap pagi: 9gag, gue tau memes dengan isu2 yang lagi hot di seluruh belahan dunia. Orang-orang yang tinggal di Inggris ngeluhin banjir. Australia dengan heat wave nya, suhu udara di Aussie mencapai 45^Celcius yang artinya panas minta ampun kayak neraka bocor, sampai-sampai Maria Sharapova pakai rompi es waktu tennis match di Australia Open. Arab Saudi dan Mesir beberapa waktu lalu turun salju. Quite weird, dessert with snow that infilcted the white pyramids, which were similiar like toblerone. Atau jadi lagunya Anggun C. Sasmi, Snow in Sahara ._.

Salju di Piramid

Lain kasus di Amerika, suhu dingin super ekstrim menyerang negeri para big dudes. No snow, no rain, just a really cold weather. Mereka menyebut kondisi ini sebagai ‘bitter cold’. Seberapa dingin sih??? Di negara bagian Minnesota, which is tempat kelahirannya Marshall Eriksen, suhu udara mencapai -25^C. Suhu terdingin sepanjang sejarah Amerika. Daging dibiarkan di luar ruangan, 5 menit udah beku jadi es. Pipa-pipa air nggak ada yang bisa mengalirkan air, beku semua. You know, seems like you live in the refridgerator’s freezer, bahkan lebih dingin. Kalau kalian pernah liat film The Day After Tomorrow, mungkin yang terjadi di Amerika mirip-mirip seperti itu lah. 

Niagara Falls Frozen

Dan berhubung gue tipe yang high curiousity, gue cari semua alesannya sampe tuntas (bilang aja kepo -_-). Jadi yang gue baca dari official website nya NASA, fenomena alam yang terjadi di Amerika itu akibat dari adanya Polar Vortex. What’s that? Polar vortex adalah fenomena alam yang terjadi selama musim dingin di kutub, di mana udara bergerak di lapisan stratostif dengan gerakan melingkar. Suhu putaran sekitar -80^C. Polar Vortex biasanya berada lebih lama dan lebih dingin di Antartika, tapi pusaran kutub itu bisa aja meluas.

Jadi misal diibaratkan Polar Vortex itu adalah kantong udara super gede yang ada di atas antartika, kantong udaranya meluas kemana-mana dan menyapu dataran Amerika, makanya terjadi bittercold tadi.

Gambaran Polar Vortex
 

Kenapa bisa terjadi???
Beberapa referensi yang gue baca, polar vortex adalah salah satu efek dari adanya pergeseran kutub. WHAT??? PERGESERAN KUTUB??? Mungkin para science nerd (gue engga nerd looh *GamauNgaku) udah tau hal ini dari lumayan lama ya... Yak, kutub bergeser,  Kutub Utara bergerak 10cm setiap tahun ke arah selatan, mengikuti garis longitude 70^. Kok bisa sih sampe bergeser? Menurut Jianly Cheng, peneliti dari University of Texas. 90% faktor yang mempengaruhi adalah mencairnya es di Kutub Utara. Jadi setiap tahunnya Kutub Utara kehilangan 250 gigaton es... 250 GIGATON ES!!! *CAPSLOCK SEMUA*... Semua itu akibat dari global warming, yah, jadi selama ini yang orang gembar-gemborkan bukan cuma bullshit, baby...

Tau kan kalau kutub utara itu bukan sebuah dataran. Kayak yang gue baca di Deception Point nya Dan Brown, Kutub Utara cuma massa es raksasa, super gede, yang mengambang di medan magnet bumi. Jadi kebayang dong, Kutub bergeser adalah indikasi dari medan magnet yang bergeser juga...

Kebayang ga sih kalau kutub utara jadi kutub selatan dan kutub selatan jadi kutub utara. Dengan bumi yang berotasi dengan arah yang sama, kalau bumi tiba2 dibalik, artinya... Yeah, matahari terbit dari barat... Dan menurut kitab dari agama yang saya yakini, Al Quran, munculnya matahari dari barat adalah tanda dari masa expired visa seluruh penduduk bumi untuk tetap tinggal. The end of the world. Fin. Wassalam...

Jadiiiii, yeah, mungkin aja sih cuaca labil ekstrim ini bisa bikin Indonesia bersalju... Tapi itu artinya, bumi yang kita cintai ini udah mendekati akhir masa aktifnya... Kalau kata temen gue, kenapa bumi sampai kayak gini ya karena bumi punya penyakit, punya bakteri, penyakitnya itu adalah manusia...

Sedih deh rasanya... Yuk bareng-bareng jadi manusia yang sesuai dengan misi utama mereka tinggal di bumi: menjadi khalifah yang baik... Bareng-bareng kita jaga buminya dengan cara sekecil apapun yang mampu kita lakuin.

Gamau kan makhluk luchukkk ini ilang :'(

Oh iya, jadi kalian mau yang mana??? Bersalju, unlimited es puter, main ski, tapiiii buminya. . . . :D

XOXO
aprilladany
Under my blanket
18012013


18 komentar:

Ina Rakhmawati mengatakan...

Wah, pengen deh ngerasain salju ..penasaran. wah tapi ngeri juga ya klo indonesia bersalju, kutubnya udah berotasi, masa aktif bumi makin pendek kayak yg dijelasin di atas. hehe..itu beruang kutub juga lucu. sayangnya adanya di kutub ^ ^


info yang bermanfaat nih tentang salju.
klo di indo adanya salju2an palsu di arena ice skting hehe

dany kalo kode capchanya dinonaktifin gmn? *saran*

Unknown mengatakan...

Haloooo inaaa... pertamax yah. Aku kasih pancake pisang karamel deh :3...iya serem kan kalo berubah musim kyk gitu. Apalagi masa aktif bumi ga dikasih masa tenggang. Stop ya stop deh ._.
Lucuuu kaan. Coba dijual bebas ya....
Iya inaaa, makasih sarannya. Captcha nya udah aku ilangin. Dr kemarin mau ilangin lupa muluuuukk. Makasiii yaaa ♡

Haris mengatakan...

baca ini jadi gak mau lepas, banyak hal yang baru saya tahu. ternyata secara sengaja atau tidak manusia yang merusak tempat tinggal mereka sendiri.
meningkatkan kesadaran manusia itu sangat susah. kalau mencari kambing hitam malah pada jago.

R Doddy Priyatna mengatakan...

menarik banget infonya inii, banyak yang baru saya tahu hehe ..

serem banget deh kalo kutub utara semakin bergser ke kutub selatan, kiamat dong ya :")

yah semoga aja banyak manusia-manusia yang sadar bahwa bumi kita ini udah tua, yang tua itu seharusnya di rawat bukan malah di suruh 'kerja paksa' ..

Unknown mengatakan...

saat ini seluruh dunia mengalami perubahan iklim yang sangat ekstrim, nggak ketinggalan pula di daerahku, Grobogan. daerah yang terkenal dengan udara yang panas dan ramah polusi sekarang jadi sedingin salatiga. haduh, mudah2an bumi kita panjang umur yak... SELAMATKAN BUMI!!!

Tofik Dwi Pandu mengatakan...

duh ini informatif banget, dan kamu sangat kepo ampe nyari tau ke sumbernya langsung. tapi kamu kurang nyantumin sumbernya tuh, kan hasil kepoan dari web lain bukan? saran ajah sih hehe

di bandung emang kayanya lagi dingin2 tuh, soalnya di cirebon dan majalengka juga dingin.. agak ga nyambung sih haha

ehh iya, kamu punya temen anak indramayu? kasih tau biar jadi blogger juga haha..

Efnu mubarok mengatakan...

Salah satu kebiasaan orang Indonesia yang gue benci ya itu, saling nyalahin tanpa introspeksi diri. Yang ngelakuin siapa, yang disalahin siapa. Coba lebih ngerti lagi sama Sebab dan Akibat. Tapi, dari peristiwa kayak gitu udah jadi pelajaran lho buat kita supaya lebih bersahabat lagi sama lingkungan. Dan jangan buang sampah sembarangan :)

RianHW mengatakan...

Save and sound the world!!
Saatnya mendekat kepada Tuhan, dan menjadi khalifah yang baik :)

Anonim mengatakan...

Anomali cuaca. Ckckck... Apakah Bumi masih akan bertahan 50 tahun lagi. Bencana alam dimana-mana, tapi tak ada satupun yg bisa meluluhkan hatiku kecuali kamuuu dok! #ehh #apasih!! X_x

Oke fokus! Kondisi ekstrem di amerika itu yg terparah kan ya. Trus di arab turun saljuuu. Haduuhh... Dunia mau kiamat!! Dan gue belum nikah! Nikahi aku kak! Nikahi!!! #Ehh #OkeAbaikan #MakinNgawur :(((

m h chifdzuddin mengatakan...

Mbak, arti bahasa inggris di awal itu apa?, jujur saya hanya ngerti sekilas saja. #Maaf

di tempat tinggal saya juga, merasakan dinginnya hawa di pagi hari, padahal biasanya nggak seperti itu.
Wawasan baru dari kamu mbaknya. sangat-sangat bermanfaat, jadi tahu alasannya kenapa setiap mandi pagi saya kedinginan. hehe

SALAM KENAL

Unknown mengatakan...

@haris: iya setuju banget deh... sendirinya yang salah, kalau udah kena getahnya nyalahin orang lain... salaaam kenal haris, makasih udah mampir :)

miffaradisa mengatakan...

hai, baru pertama kalo promo ya..ato aku yang baru pertama kali tau...ehehe
yup..kalo udah kebalik2 gitu, termasuk masalah musim dan cuaca, emang udah mendekati akhir bumi....
di malang sini juga dingin-banget...kadang berangin kenceng...dan kalo siang panasnya gak karuan...termasuk ekstrim juga... --"

Rizky Ashyanita mengatakan...

duh, seneng sih alo indonesia bersalju. Tapi ngeri juga kalo kalo harus berakhir bumi ini u,u

Ditsa Ayu Widya Mangesti mengatakan...

duh ngeri bacanya, gue gak mau beruang kutub itu musnah gue gak mau. karena gue.. gue suka beruang kutub yang putih imut imut gimana gituu.
mulai sekarang kudu-kudu peka terhadap alam, gak ngerusak alam lagi, dan melakukan hal kecil untuk melindungi bumi tercinta ini #syeehbahasague

Robianus Supardi mengatakan...

Mari selamatkan bumi. Caranya gimana? Yah minimal gak mebuang sampah disembarang tempat deh, biar kalo banjir gak nyalahin gubernur mulu. Kan kasian.

Gue sih maunya tetep seperti sekarang, gak bersalju.
Salam kenal yah..

Kukuh Kurniawan mengatakan...

wah, bahasanya ringan jadi enak dibaca. penjelasannya keren.

iya juga ya.. kalau ada salju kan mayan buat makan es.. tinggal dikasih susu kental manis aja hahaha

Meykke Santoso mengatakan...

buset kakak, gue kagak ngerti kakaaaak, omongan lu tinggi amirrr tuh nama asing semuaaaa...
tapi tapi, gue masih pingin bikin es puter nggak perlu nyerut tinggal ngasih surip terus didulet kakakkk....iye sih ya, emang dunia makin tua makin rusak, nggak dunianya nggak penghuninya rusak semuaaaa....

semoga kita semua bisa selamat dunia akherat ya kakak...aamiiin....saljuuuuuuuuuuuuuuuu...

Iva Mairisti mengatakan...

ya allah jadi takut, masih banyak dosa soalnya, hiks :(
iya sih, akhir2 ne emang cuaca rada2 aneh, Pekanbaru yg biasa panas aja sekrang sering dngin, aplgi kalo pagi2, huhh,
banjir jokowi? hahaha baru denger, telat banget gw -_-

Posting Komentar


up